Ayam

Ditulis oleh: -
Ayam adalah binatang unggas yang paling banyak dipelihara oleh manusia, diperkirakan terdapat lebih dari 25 milyar ayam diseluruh dunia yang dipelihara dan diternakan untuk berbagai tujuan seperti untuk ayam hias, ayam aduan, untuk diambil telur-nya (ayam petelur) dan juga untuk dikonsumsi dagingnya (ayam pedaging).

Ayam yang paling banyak diternakan saat ini diduga berasal dari jenis ayam hutan yang berasal dari India yang penyebarannya bermula dari Vietnam. Karena ayam merupakan binatang yang sangat cepat beradaptasi dengan manusia dan lingkungannya dan juga pemeliharaannya yang mudah maka ayam ini menyebar dengan cepat ke seluruh wilayah di Asia kemudian menyebar hingga ke Eropa dan juga Afrika.

Selain untuk kebutuhan konsumsi manusia, terdapat beberapa jenis ras ayam lokal yang dipelihara karena keunikan suara atau bulunya yaitu : ayam pelung yang berasal dari Cianjur, ayam kedu (lebih dikenal dengan nama ayam cemani) yang berasal dari daerah Kedu, ayam nunukan yang berasal dari Kalimantan Timur, ayam walik yang bulunya berdiri, ayam Bali, ayam katai dan ayam ketawa yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Nama BinatangAyam
Nama Binatang Dalam Bahasa InggrisChicken, Roaster
Nama Binatang Dalam Bahasa Arab Dujaajun
Nama Binatang Dalam Bahasa Latin Gallus Gallus Domesticus
Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Aves
Ordo Galliformes
Famili Phasianidae
Genus Gallus
Spesies G. Gallus
Status Konservasi Aman, Telah dijinakkan
Warna Merah, Hitam, Coklat, Kuning, Oranye, Putih
Habitat Alami Hutan Terbuka, Padang Rumput Yang Terlindung

ayam cemaniGambar ayam

ayam jantan dan ayam betinaAyam pelung


gambar anak ayam lucugambar ayam ketawa


Gambar sketsa binatang ayam hitam putih

1 komentar: